RELATIONSHIP BETWEEN ACADEMIC STRESS LEVEL AND SLEEP QUALITY OF CLASS XII STUDENTS IN PREPARATION FOR STATE UNIVERSITY ENTRANCE SELECTION EXAMS
https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v10i2.520
Keywords:
Academic Stress Levels, Sleep Quality, High School StudentsAbstract
Stres akademik dan kualitas tidur adalah dua faktor yang krusial yang dapat mempengaruhi performa siswa, terutama bagi mereka yang sedang mempersiapkan ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penelitian ini bertujuan untuk memastikan adanya hubungan tingkat stres akademik dengan kualitas tidur siswa kelas XII dalam persiapan ujian seleksi masuk PTN. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, yang dilakukan terhadap 252 siswa di SMAN1 Kota Tangerang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan Percieved Stress Scale-10 (PSS-10) untuk mengetahui tingkat stres akademik dan Pitssburgh Sleep Quality Indeks (PSQI) untuk mengetahui kualitas tidur. berdasarkan tingkat stres akademik, ditemukan 75% responden mengalami tingkat stres akademik sedang, sedangkan sebanyak 73% responden mengalami kualitas tidur yang buruk. Uji chi-square menunjukkan nilai p = 0,01 (p <a; a= 0,05), menandakan terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres akademik dengan kualitas tidur siswa kelas XII dalam persiapan ujian seleksi masuk PTN. Sekolah perlu memberikan perhatian terhadap kesehatan mental dengan program manajemen stres, pentingnya manajemen waktu dalam belajar dan kebiasaan tidur yang sehat (sleep hygiene). Peneliti selanjutnya dapat menambahkan responden yang berbeda yaitu SMA Negeri maupun SMA Swasta agar terlihat gambaran kejadian secara keseluruhan dalam suatu populasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Basofi Mujahidin, Yossie Susanti Eka Putri, Yudi Ariesta Chandra, Ria Utami Panjaitan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.