Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024

Authors

  • Rosidah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, Palembang, Indonesia
  • Ali Harokan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, Palembang, Indonesia
  • Ahmad Dwi Priyatno Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, Palembang, Indonesia
  • Arie Wahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v9i1.350

Keywords:

Kepuasan, Mutu Pelayanan

Abstract

Menurut WHO 8,4 juta kematian disebabkan oleh kualitas pelayanan yang buruk di Negara penghasilan rendah dan menegah yang menyumbangkan 15% kematian. Pelayanan kesehatan belum mencapai mutu optimal, banyak terdapat keluhan masyarakat yang merasa tidak puas atas pelayanan kesehatan yang diterima.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap tahun 2024.  Desain penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini telah di laksanakan pada tanggal 07-24 Februari 2024. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data bivariat menggunakan uji chi-Square dan multivariat regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan tangible  (p value 0,010) , reliability (p value 0,023) responsiveness (p value 0,017), assurance (p value 0,05), dan empaty  (p value 0,047) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024.  Faktor yang paling dominan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024 yaitu tangible (p value 0,006), (OR 0,289). Kesimpulan ada hubungan tangible  , reliability, responsiveness , assurance  dan empaty  terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Bagi Rumah Sakit hendaknya pihak rumah sakit meningkatkan sarana dan prasarana berhubungan dengan pelayanan rawat inap, serta sarana parasara di ruang rawat inap rumah sakit.

Published

2024-04-02

How to Cite

Rosidah, Ali Harokan, Ahmad Dwi Priyatno, & Arie Wahyudi. (2024). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`arif Baturaja, 9(1), 135 - 144. https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v9i1.350